9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Borobudur Agar Bisa Berwisata Ala Bule

Wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal memiliki perbedaan dalam menikmati Borobudur. Wisatawan lokal lebih tertarik untuk berfoto di spot populer di Borobudur. Sedangkan para bule lebih tertarik untuk menjelajahi berbagai hal unik di sekitar destinasi wisata Borobudur. Mereka bahkan rela menginap berhari-hari agar bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyeluruh. Sehingga mereka tidak hanya menikmati tempat ikonik saja, tapi juga pengalamannya.

Untuk bisa merasakan wisata Borobudur ala Bule, seharusnya Kamu tidak melewatkan 9 hal berikut ini.

1. Menginap di homestay beberapa hari bersama keluarga

Di Borobudur terdapat ribuan bule yang ingin merasakan suasana Magelang seutuhnya. Cara mereka cukup unik yaitu dengan memilih menginap di homestay atau rumah penduduk yang memiliki suansa desa yang sepi dari hiruk piruk. Mereka biasanya membawa serta keluarga agar anak-anak mereka belajar culture baru.

Sesekali cobalah untuk mengajak keluarga dan menginaplah lebih lama agar liburan makin menyenangkan.

2. Bersepeda mengitari Borobudur

Di Borobudur terdapat banyak penyewaan sepeda. Mulai dari penyewaan sepeda antik hingga sepeda gunung. Biasanya para bule lebih memilih menyewa sepeda antik jaman dulu. Jalurnyapun beragam, ada yang jalur dengan trek biasa ada juga yang treknya naik turun dengan pemandangan lembah dan pegunungan.

Kamu bisa memilih trek sesuai kemampuan bersama keluarga jika ingin merasakan suasana Borobudur seutuhnya layaknya para bule.

3. Rafting di Sungai Elo

Sudah ke Magelang tidak lengkap jika belum merasakan derasnya arus Sungai Elo. Para bule pun tidak pernah lupa untuk menjajal arus sungai ini. Sebagai wisatawan yang ingin merasakan wisata ala Bule di Borobudur, seharusnya Kamu juga sesekali menjajal tantangan Sungai Elo ini. Kamu juga bisa menggunakan jasa kami untuk mengarungi Sungai Elo.

4. Berkeliling naik andong

Andong adalah kendaraan unik yang banyak diparkir di luar Borobudur. Para bule pun tak pernah melewatkan untuk mencoba naik andong di sekitar Borobudur. Kamu dan keluarga bisa mencoba untuk meniki andong ini lengkap dengan Pak Kusir berpakaian adat Jawa.

5. Menikmati sunrise di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah bukit yang unik dan cantik di Magelang. Di sini para wisatawan bisa tracking dan melihat Borobudur dari kejauhan. Waktu terbaik menikmati pemandangan indah berlatar Borobudur adalah saat sunrise. Jika berencana ke Punthuk Setumbu alangkah baiknya tracking saat subuh.

6. Naik jeep keliling desa

Di Magelang terdapat penyewaan jeep yang bisa disewa bersama supirnya. Beberapa bule biasanya menyewa untuk berkeliling ke berbagai spot di Borobudur. Mulai dari  ke desa wisata hingga mampir ke tempat menantang dan tempat makan khas Magelang.

7. Ke desa wisata untuk belajar dan melihat kehidupan warga desa

Di Magelang ada sepuluh desa wisata salah satunya adalah Desa Wisata Desa Wanurejo, Desa Tanjungsari, Desa Majaksingi, Desa Giritengah, Desa Candirejo, Desa Giri Purno, Desa Tuksongo, Desa Bumiharjo, Desa Kebonsari, dan Desa Kenalan. Di desa-desa ini Kamu bisa merasakan pengalaman luar biasa mulai dari belajar membuat perkakas hingga berbelanja produk desa wisata yang dibuat langsung oleh warga setempat.

8. Melihat peninggalan sejarah di Museum Samudera Raksa

Salah satu spot menarik di Borobudur adalah Museum Samudera Raksa. Museum ini memiliki lukisan khas kapal, perkakas yang berjejeran dan sebuah kapal bernama Samudera Raksa yang konon menjadi peninggalan zaman dahulu.

9. Belajar membatik di Desa Waturejo

Membatik adalah hal yang bisa dilakukan saat berada di sekitar Borobudur. Salah satu desa wisata yang bisa dijadikan tempat belajar batik tulis adalah Desa Waturejo.

***

9 Hal ini sangat simpel untuk dikerjakan tapi cukup membuatmu merasakan pengalaman luar biasa layaknya para bule.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *