8 Rekomendasi Warung Gudeg Legendaris di Yogyakarta

gudeg jogja

Berwisata ke Yogyakarta tidak lengkap jika belum mampir mencicipi hidangan Gudeg. Hidangan yang identik dengan rasa manis berisi sayur nangka muda yang dimasak dengan santan, telur bacem, ayam kampung, dan sambal goreng krecek ini memang juaranya kuliner Jogja. Di Jogja sendiri terdapat ratusan Warung Gudeg, tapi tidak semuanya legendaris.

Warung-warung gudeng legendaris berikut ini memiliki beberapa perbedaan yaitu cara penyajiannya yang menggunakan kuah dan ada yang tidak. Jika bertandang ke Jogja alangkah baiknya mampir ke 8 kedai Gudeg legendaris ini.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg jogja
Wah, nangka muda nya bikin ngiler.

Warung Gudeg Yu Djum adalah warung gudeg yang sudah buka sejak tahun 1951. Gudeg Yu Djum disajikan bersama krecek pedas, ayam, dan telor bumbu gudeg termasuk tempe dan tahu bacemnya.

Yu Djum masih dimasak dengan cara tradisional dan bumbu pilihan dengan cita rasa gurih dan manis yang tidak berlebihan alias pas.

Alamat: Jalan Wijilan No. 167, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Whatsap: 081333475254. Buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 9 malam.

2. Gudeg Mbareg Bu Hajah Amad

gudeg jogja
Bikin ngiler! Sambal Kreceknya menggoda. Foto oleh indrikapandie

Gudeg Mbarek Bu Hajah Amad menyajikan gudeg kering tanpa kuah. Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1965 dan telah beganti kepemilikan beberapa generasi.

Gudeg Mbarek Bu Hajah Amad memiliki cita rasa gurih, bukan manis. Jadi, rasanya agak berbeda dengan gudeg biasanya.

Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 4.5, Blok CT3 No. 5, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Telepon: (0274) 520049.

3. Gudeg Sagan

gudeg jogja
Kuahnya bikin ngiler.

Gudeg Sagan cukup terkenal di Jogja. Warung gudeg ini sudah ada sejak 2003 di mana namanya diambil dari nama Kampung.

Gudeg ini memiliki beragam menu yang bisa dijangkau oleh para anak sekolah dan mahasiswa mulai dari Rp 9 ribu saja.

Lokasi: Jalan Professor Dr Herman Yohanes No.53, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka pukul 9.00 – 24.00.
Telepon: 085100443035, 081804220055.

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg jogja
Sedehana tapi bikin ngiler. Foto oleh hendra_putra88

Gudeg Mercon Bu Tinah cukup berbeda dari gudeg biasanya karena gudeg ini memiliki cita rasa pedas. Jadi bisa dibilang gudeg ini cocok untuk lidah orang Indonesia. Selain itu, harganya juga ramah kantong sekitar Rp 15 ribu.

Lokasi: Jalan Asem Gede, Kranggan.
Buka mulai pukul 18.00-23.00.

5. Gudeg Bu Tjitro

gudeg jogja
Gudeg di sini seporsi banyak. Harga mulai dari Rp 100 ribu. Bisa berhemat bersama keluarga atau kawan. Foto oleh javafoodie

Gudeg Bu Tjitro sudah ada sejak tahun 1925. Gudeg warung Bu Tjitro identik dengan kacang tolo yang beda dari tempat lain. Uniknya, warung gudeg Bu Tjitro ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu lebih dari 400 tamu sehingga para pelanggan tidak perlu khawatir saat ingin mencoba menikmati gudeg Bu Tjitro.

Lokasi: Jalan Janti No. 330 Yogyakarta.
Telepon: (0274) 564734.

6. Gudeg Permata Bu Pujo

gudeg jogja
Gudegnya bikin ngiler. Santannya itu lho! Sumber foto kulinerjogja

Gudeg Permata Bu Pujo adalah warung gudeg yang berdiri sejak tahun 1951. Gudeg ini memiliki dua sajian kering dan basah. Urusan manis, manisnya gudeg Permata Bu Pujo masih asli. Jika Kamu ingin merasakan gudeg pedas saat berada di Gudeg Permata Bu Pujo Kamu juga request kepedasannya.

Sambal kreceknya bertabur rawit yang pedas, kalau tidak ingin kepedasan lebih baik hati-hati saat menyantapnya. Soal lauk pendamping gudeg ini  juga memiliki menu yang sama dengan resto yang lain yaitu bacem tahu dan tempe, kepala ayam, sayam, ceker, paha atas, hingga ati ampala.

Lokasi: Jalan Gajah Mada, RT 36 / RW 07, Purwo Kinanti, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Telepon: (0274) 553853.

7. Gudeg Pawon

gudeg jogja
Bikin ngiler. Bumbunya lumer ke mana-mana. Foto oleh gudegpawonyogya

Pawon dalam bahasa Jawa artinya ‘dapur’. Sesuai namanya, gerai ini menyajikan gudeg langsung dari dapurnya. Uniknya lagi Gudeg Pawon ini buka pukul 10 malam hingga dini hari.

Gudeg ini sudah dirintis sejak tahun 1958 oleh Bu Prapto Widarso dan identik dengan hidangangudeg basah yang dilengkapi dengan sambal krecek pedas, ayam kampung yang empuk dan tentu saja sayur nangka muda.

Lokasi: Jalan Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta.
Telepon: (0274) 6926312.

8. Gudeg Bu Tekluk (Gudeg Bromo)

gudeg jogja
Ayamnya di suwir dan Kamu wajib coba. Foto oleh javafoodie

Jika Kamu wisata malam maka Gudeg Bu Tekluk alias Gudeg Bromo adalah teman yang bisa Kamu pilih. Kedai gudeg ini buka pukul 11 malam dan tutup pukul 5 pagi.

Gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam merupakan sajian utama dari warung tenda ini.

Lokasi: Jl. Affandi No.2-A, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *